Cara Membersihkan File Sampah di Windows Supaya Laptop Anda Lebih Optimal

Silakan disimak :
  1. Bersihkan folder Temp

Cara membersihkan file sampah di Windows yang pertama adalah dengan cara membersihkan foler temp. Seperti namanya, Folder Temp adalah folder dimana didalamnya terdapat file-file yang digunakan sementara (Temporarily). Dari yang saya baca di situs PCWorld, file-file di Folder Temp ini rata-rata tidak otomatis terhapus, sehingga terkadang memenuhi drive.
Untuk Drive yang terpengaruh tersendiri biasanya adalah Drive C: (Drive sistem). untuk itulah saya sarankan agar Anda menghapus file-file pada Folder Temp untuk melegakan ruang sistem Anda.

Untuk membersihkannya tidak sulit. Caranya adalah sebagai berikut :
  • Langkah pertama, buka Run (Klik tombol Windows + R) >> kemudian ketikkan Temp lalu klik OK :

  • Nanti akan terbuka jendela baru. Silakan hapus semua file dan Folder pada jendela tersebut.



  • Belum selesai, buka lagi Run >> kemudian ketikkan %Temp%

  • Akan muncul jendela baru, hapus lagi semua file dan folder pada jendela tersebut.

  1. Melakukan Disk Cleanup

Apa itu Disk Cleanup? Beberapa dari Anda mungkin pernah mendengar atau melihat fitur ini bukan? Disk Cleanup, adalah sebuah fitur pada Windows untuk membersihkan junk files hanya dengan 1 program. Fitur ini sudah ada sejak versi Windows lama.

Buat Anda yang ingin membersihkan file sampah di Windows Anda, langkah ini termasuk wajib dilakukan supaya PC / Laptop bisa jadi optimal. Caranya adalah :
  • Pertama buka terlebih dahulu Explorer (This PC / Computer) >> Klik kanan pada Drive yang ingin Anda bersihkan >> Kemudian klik Properties


  • Pada tab General >> Klik tombol Disk Cleanup 

  • Langkah selanjutnya adalah mencentang opsi file sistem mana yang ingin Anda bersihkan. Jika sudah, Anda tinggal klik OK saja.

  1. Membersihkan Registry pada Windows

File registry, adalah file yang dibuat secara otomatis ketika Anda telah menginstall sebuah game atau software di PC / Laptop Anda. Nah, jika Anda menghapus sebuah game atau software di Windows Anda, file registry yang tersimpan terkadang tidak ikut terhapus. Sehingga Anda harus menghapusnya secara manual.
Caranya :
  • Install terlebih dahulu aplikasi Ccleaner, setelah itu buka aplikasinya.
  • Selanjutnya klik pada tab Registry >> setelah itu klik Scan :

  • Setelah hasil scanning sudah ditemukan, Anda tinggal menghapus semua registry tersebut dengan cara klik tombol Fix Selected
sumber :https://makinrajin.com/blog/membersihkan-file-sampah/

Komentar